Kita harus dapat memanfaatkan waktu kita secara optimal, bagaimana caranya?tanya aja sama simbahmu…hehe?Cuma bercanda kali, oke, simak baik-baik, saya akan memberikan tips-tips agar kita tidak membuang waktu secara percuma dan kita dapat memanejerial sendiri kehidupan kita, agar hidup kita lebih bermakna, tanpa banyak cincong, maupun bencong. Siapkan daftar seluruh aktivitas maupun kegiatan yang kita jalani setiap harinya, jika mas brow maupun mbak brow belum memiliki daftar tersebut, buatlah daftar tersebut berdasarkan jadwal kegiatan sehari-hari yang mas brow maupun mbak brow lakukan, tujuannya, agar kegiatan kita tersebut tertata rapi dan tidak melenceng dari aturan mainya…hehe, selanjutnya tentukan waktu yang memadai bagi setiap aktivitas dan pastikan permulaan maupun akhirannya, bagi seluruh aktivitas menurut pembagian geografisnnya (berdasarkan tempat pelaksanaannya).
Kemudian kerjakaan secara berurutan untuk efisiensi waktu. Jadikan daftar aktivitas anda fleksibel ;
1. Yaitu dapat dihapus maupun ditambah jika diperlukan.
2. Sediakan waktu untuk kegiatan tak terduga diagenda harian
3. Bersegera memanfaatkan sebagian aktivitas panjang untuk merealisasi aktivitas pendek
4. Buatlah aktivitas yang bervariasi dan menyenangkan, agar tidak monoton dan akhirnya menimbulkan kejenuhan
5. Jadikan salah satu bagian dari program harian untuk proyek besar
Rahasia sukses adalah bagaimana kesiapan kita untuk menghadapi kesempatan jika ia datang, dan kesempatan itu jarang mengetuk dua kali dipintu yang sama. Jika kita hanya menunggu sebuah kemujuran, kesempatan menjadi sulit ditemukan, dibutuhkan sebuah usaha yang maksimal dan diimbangi dengan doa insyaallah semua bisa dimudahkan jalannya oleh Allah, eeeh malah jadi kultum nieh…kembali ke topik awal tadi. Agar hidup menjadi teratur dengan terencana, maka perhatikan hal-hal berikut:
1. Buatlah sebuah planning, sesuatu yang ingin kita raih dikehidupan ini, dimulai dari sesuatu yang kecil
2. Kumpulkan data-data tentang realitas yang ada atau pekerjaan yang ingin anda lakukan
3. Tentukan tujuan pekerjaan tersebut
4. Rencanakan waktu dan tempat untuk merealisasikannya.
5. Tentukan orang yang akan merealisasikan pekerjaan, pribadi atau kelompok
6. Rencanakan supervise: untuk mengontrol apakah telah dikerjakan.
7. Rencanakan mekanisme penilaian
8. Buatlah rencana atau janji secara tertulis, dan buatlah kontrol tertulis, dan tulislah hukuman jika anda melanggarnya.
Pastikan semua berjalan sesuai apa yang direncanakan, konsisten itu sangatlah diperlukan untuk melakukannya, tips-tips diatas itu merupakan sebuah usaha kita, untuk menjadi manusia yang bertanggung jawab dan menjadikan hidup lebih mandiri tanpa bergantung terus kepada orangtua, suatu saat kita yang akan meneruskan kehidupan didunia, maka dari itu dimulai saat dini kita belajar membuat palnning dan jadwal kegiatan, agar waktu tak terbuang sia-sia dan hidup menjadi lebih indah, semoga saran-saran tadi bisa bermanfaat buat mas brow maupun mbak brow yang ada dirumah.saya hanya manusia biasa yang masih banyak salah, bukan bermaksud menggurui tapi hanya sekedar share kepada anda-anda sekalian. Matur suwun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar